Minggu, 27 Juni 2010

WANITA HINDU PENJAGA GENERASI HINDU

Umat sedharma yang saya kasihi, pada kesempatan ini saya  sengaja memilih topik Pemberdayaan Wanita, mengingat wanita adalah calon ibu yang akan melahirkan generasi muda yang nantinya akan menjadi tiang-tiang penyangga negara. Kokoh atau tidaknya Negara ini sangat ditentukan oleh generasi muda yang menyangganya seperti yang tersurat dalam Ramayana; “Saka nikang rat kita yan wenang manut”, Engkau adalah tiang penyangga Negara ini, karena itu laksanakanlah dharmamu. 


Ibu adalah sumber segala kasih sayang, sentra pertama pendidikan dalam keluarga, ibu adalah orang yang melahirkan cikal bakal generasi muda, yang merupakan tiang-tiang penyangga Negara ini. Baik atau buruknya sebuah Negara sangat ditentukan oleh keberadaannya oleh karena itu dia harus diberdayakan, harus diberikan kesempatan untuk berkembang, seperti yang dijelaskan dalam Yajurveda XIV. 22; wanita adalah   pengawas keluarga, dia cemerlang, dia mengatur yang segala urusan rumah tangga, dan dia sendiri menjalankan aturan-aturan. dia adalah aset bagi keluarga, dia menopang keluarga. 


Sungguh tidak masuk diakal mengharapkan buah yang super dari pohon yang tidak terawat. Bangsa yang ingin maju tentu mengharapkan generasi yang sadhu gunawan, generasi yang sadhu gunawan akan dihasilkan oleh wanita yang berbudi, oleh karena itu wanita wajib mendapat perlindungan dan kedudukan yang setara.
Wanita Hindu hendaklah sesering mungkin untuk mempelajari ajaran dan kitab suci agama Hindu, karena sering kali anak-anak kita bertanya mengapa begini, mengapa begitu...mengenai agama Hindu. Anak kita mungkin bertanya mengapa dewa-dewi Hindu memiliki badan manusia dan kepala binatang?. Kalau Wanita Hindu memiliki pengetahuan agama yang tinggi tentu saja bisa menjawab,Brahman /Tuhan menciptakan semua mahluk di dunia ini baik tumbuhan, hewan, manusia, dewa dan sebagainya. Tuhan maha segala-galanya mampu menciptakan apapun yang Beliau kehendaki.

Kasih Ibu membalut anak-anaknya sampai titik darahnya yang terakhir. Kasih ibu merengkuh dan  menyelimuti putra-putrinya dari kedinginan sejak baru lahir, air mata dan    keringat kasih ibu juga menyirami badan putra-putrinya ketika kepanasan. Oleh karena itu wajib hukumnya seorang anak memberikan penghormatan yang sepatutnya kepada para ibu, baik itu ibu fisik yaitu orang tua yang telah melahirkan kita ke dunia ini, juga Ibu pertiwi sebagai ibu sekalian alam yang telah memberikan penghidupan dan  perlindungan kepada kita sepanjang masa.

Yang terakhir kalinya saya berpesan kepada Wanita Hindu untuk selalu belajar dan belajar tentang ajaran Hindu. Jangan sampai generasi kita semua terkonversi /pindah ke agama lain.

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Powerade Coupons