Rabu, 19 Mei 2010

Nama-nama Krishna di dalam Bhagavad Gita

Suatu ketika Shri Krishna mengetuk pintu rumah Shrimati Maharani dan percakapan terjadi percakapan berikut:

Radharani: Siapakah itu?
Krishna: Aku adalah Hari. Kata Hari di (dalam) Bahasa Sansekerta berarti seekor singa,kemudian dia menjawab:
Radharani: Tidak ada mangsa di sini, jadi kenapa kamu datang kesini?
Krishna: Aku adalah Madhava apakah kamu kenal aku? Kata itu Madhava, selain menjadi nama Krishna juga berarti musim semi, Kembali dia menjawab:
Radharani: Sekarang bukan waktu musim semi mengapa kamu datang.
Krishna: Aku adalah Janardana, pasti kamu mengenaliku aku?
Kata Janardana mengandung banyak arti, dua hal yang bertentangan dengan yang lain. Arti kedua - orang yang menyebabkan kesusahan ke masyarakat dan juga orang yang menghancurkan yang jahat. Shrimati Radha memilih arti yang pertama:
Radharani: Orang seperti kamu pantasnya tinggal di dalam hutan yang tidak ada orang lain karena kamu dapat menyebabkan kesusahan.
Krishna: Gadis muda ayo buka pintunya, aku adalah Madhusudana. Kata Madhusudana memiliki 2 arti yaitu ' pembunuh setan nama Madhu,' dan juga berarti lebah madu yang minum madu ( madhu) dari berbagai bunga. Kemudian dia berkata:
Radharani: Sekarang aku memahami, kamu suatu Dvirepha. Dvirepha memiliki arti suatu lebah madu atau orang yang tersingkir dari kasta. Lalu Radharani bilang bahwa Krishna mempunyai kebiasaan mengipas-ngipaskan lebah madu itu ke arah berbagai gopis, sehingga ia diasingkan.
Di cerita di atas Krishna menyebutkan berbagai nama namun diartikan berbeda oleh Radharani. Banyak dari nama ini juga terjadi ketika terjadi percakapan yang suci antara Krishna Dan Arjuna,dalam Bhagavad Gita namun dalam kitab tersebut tidak dijelaskan maknanya.

Di dalam Bhagavad Gita ada empat puluh nama berbeda yang digunakan oleh Arjuna untuk menyebutkan ( memuji)nama Shri Krishna. Masing-Masing nama ini menguraikan suatu atribut atau kekuatan dewa, makna filosofis, menjelaskan lebih dalam mengenai dialogue antara keduanya.
Julukan yang berbeda-beda yang disebutkan Arjuna Kepada Krishna bukan hanya untuk variasi tetapi konteks itu memiliki banyak arti. Ini adalah salah satu keistimewaan dalam mempelajari Bhagavad Gita sehingga kita memiliki acuan untuk belajar filosofi.

Bagian terbesar Bhagavad Gita tidak lain adalah ketika terjadi suatu dialogue antara Arjuna Dan Krishna yang diawali wejangan tentang bagaimana membebaskan diri dari kesusahan. Sebagai contoh, panggilan pertamanya kepada Krishna di teks itu tidak lain dari suatu perintah yang diberi oleh seorang prajurit kepada kusir. Arjuna berkata:
" O Achyuta, Tempatkan kereta perangku di tengah-tengah medan perang." ( Bhagavad Gita 1.21)
Di sini Arjuna menunjuk Krishna sebagai " Achyuta," yang berarti " orang yang tidak pernah mundur dari posisinya." Ini menyiratkan bahwa Krishna, meskipun ia adalah raja yang tertinggi, mempunyai rasa kasih sayang untuk penggemarnya walaupun Arjuna menunjuknya sebagai seorang kusir. Bagaimanapun juga hal itu bukan hal yang pantas disandang oleh raja yang agung. Barangkali ini lah keagungan Tuhan yang akan memberi hukuman kepada orang yang salah dan memberi penghargaan kepada orang yang bijaksana. Seperti halnya seorang Ayah, ketika ia kembali ke rumah akan meluangkan waktu untuk bermain dengan cucu lelaki dan menuruti perintah dari anak-anaknya.

Tentu saja itu adalah sifat alami Krishna yang amat berbelas kasih untuk menerima pekerjaan yang rendah sekalipun dari penggemarnya. Ketika Kakak laki-laki Arjuna- Yudhishtra melakukan pengorbanan bear ( yajna) Rajasuya, masing-masing anggota keluarga telah ditugaskan suatu tanggung jawab yang berbeda dan apa yang Shri Krishna lakukan? Raja yang besar itu mengabdikan diri untuk mencuci kaki para tamu yang datang kepada yajna itu. Yudhishtra berkata dalam Bhagavata Purana:
" Bagaikan cahaya matahari yang tidak akan susut ketika terbit atau tenggelam, meskipun demikian tindakanmu tetapi sama sekali tidak mengurangi kemuliaanmu." ( 10.74.4)

Krishna mematuhi perintah Arjuna dan kereta perang itu ditempatkan di tengah dua pasukan yang akan bertempur. Kita semua pasti mengetahui apa yang akan terjadi selanjutnya. Melihat dekat dan orang-orang yang dia sayangi siap untuk mengorbankan jiwanya, Arjuna terendam dalam kesedihan dan mengalami keputusasaan. Dengan badan yang gemetar, Arjuna berkata:
" O Madhusudana, aku tidak ingin membunuh keluargaku ini, walaupun mereka akan membunuhku”. (Bhagavad Gita 1.35)

Julukan Madhusudana berarti pembunuh setan bernama " Madhu." Hal itu mengacu pada pembasmian raksana itu oleh raja sebelum terciptanya dunia ini. Kata" Madhu" juga berarti ' madu,' dan setan Madhu itu muncul di dunia ini tampak manis kepada kita..Dengan ini, Arjuna mengingatkan Krishna bahwa ia telah membunuh raksasa sebelumnya, apakah perlu ia perlu melakukan hal yang sama.
Arjuna bertanya:
" O Madhava, bagaimana mungkin kita akan bahagia dengan pembunuhan kita sendiri?" ( 1.36)

Kata Madava berasal dari kata" Ma" berarti Dewi Lakshmi dan " Dhav" berartilah suami. Dengan julukan itu Arjuna ingin menunjuk bahwa Krishna adalah Dewi Keberuntungan, yang selalu menunjuk jalan yang akan menyelamatkan keluarga Arjuna dari kemalangan yang segera terjadi.
Seperti itu lah ceritanya, Krishna bercakap-cakap dengan Arjuna bahwa satu-satunya cara untuk memperoleh kedamaian dengan ketenangan hati dan pikiran, Arjuna kemudian berkata:
" Pikiran itu tidak bisa tenang, selalu bergolak dan sangat kuat. Untuk menundukkannya lebih sulit dibanding pengendalian angin.O Krishna" ( 6.34)

Filosofi India tentang Kehidupan sangat sempurna dan nyata bahwa sangat sukar untuk mengendalikan pikiran itu.Bagaimanapun seseorang tidak harus melakukannya, di sana banyak jalan lebih mudah menuju keselamatan. Karena pikiran tidak tetap, tetapi seperti pelacur yang pergi ke sana kemari menuju obyek yang diinginkan, solusinya adalah mengawinkannya dengan seorang suami yang bijak. Sebenarnya, Krishna adalah tujuan terakhir, dan seperti magnet yang menarik besi didekatnya, ia juga secara alami menarik penggemar nya.Tentu saja, julukan dari namaNya adalah simbolis untuk dapat ' dipahami ' oleh penggemarnya.

Arjuna di dalam ayat ini, menjelaskan bahwa ia tidak mampu untuk mengalihkan pikiran resahnya ke arah kaki Krishna dan sebagai gantinya memohon Krishna untuk melakukannya.
Krishna kemudian perlahan-lahan memberikan wejanganKemudian Krisna berkata:
" Mereka yang mencoba untuk membebaskan diri mereka dari umur tua dan kematian dengan tempat perlindungan di dalam aku, mereka akan menyadari Kenyataan Yang tertinggi ( Brahman)." ( 7.29)
Arjuna kemudian mempertanyakan:
" Purshottama, apa yang merupakan Kenyataan Yang tertinggi?" ( 8.1)
Purshottama berarti " Orang Yang tertinggi," ia satu-satunya yang dapat memberikan pengetahuan Kenyataan Yang tertinggi .

1 komentar:

Anonim mengatakan...

Chant Maha Mantra Hare Krishna and be happy..

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Powerade Coupons